Di RT di wilayah tempat tinggalku ada beberapa rumah kosong. Salah satunya ini di depan rumah. Rumah yang pekarangannya cukup luas karena punya tanah lebih ini sejak dibangun masih kosong, hampir 20 tahun. Pemiliknya pun tak pernah datang.

Awalnya para tetangga menjadikan halamannya sebagai tempat buang sampah.. hik .. mulai dari puing bangunan, sisa makanan hingga baju bekas. Akhirnya karena sampah pun makin banyak ditambah ilalang yang tumbuh tinggi, warga bergantian mengupah orang untuk membersihkan. Tetapi begitu lagi, sudah bersih masih ada saja yang kembali buang sampah.

Khasiat Buah Nona Untuk Kesehatan

Bibit pohon buah nona ini berasal dari halaman puskesmas. Pernah kutuliskan di Kisahku. Pak komandan raun alias paksu togel singapore yang menanam bijinya di polybag 6 tahun yang lalu. Setelah cukup tinggi dipindahkan ke tanah di halaman rumah kosong tersebut. Lama juga ya, karena dicuekin he.. he.. nggak dikasih pupuk. Entah apa memang pohon ini susah berbuah, sebab di lingkungan sini ada juga yang menanam tetapi buahnya tak pernah berhasil besar, selalu rontok.

1.Obat Diare. Buah nona yang masih muda dapat dipakai sebagai obat diare.

2.Pencernaan Terganggu. Buah nona direbus dan airnya diminum bisa meredakan perut mulas, kram saat datang bulan, sering buang angin, dan sulit buang air besar.

3. Obat Diabetes.

4. Mencegah Penyakit Pernafasan

5. Menurunkan kadar kolesterol. Buah nona mengandung niasin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Buah nona juga mengandung potasium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencerahkan Kulit. Kandungan vitamin E, C dan serat sangat baik untuk proses metabolisme di saluran pencernaan. Akibatnya kulit pun terlihat lebih bercahaya.

Pengalaman memetik buah di kebun sendiri memang sangat mengesankan. Apalagi ini ditanam dari biji, proses sejak membenihkan sampai memetik itu memakan waktu 6 tahun. Buahnya pun baru baru pertama kali kumakan. Entahlah ini termasuk salah satu buah lokal Indonesia yang hampir langka apa nggak. Tapi di toko buah juga sudah mulai ada yang menjualnya. Alhamdulillah, sempat mencicip buah pertama dari pohon buah nona hasil kebun karena akhirnya pohon ini ditebang oleh pemilik barunya.