Ketika datang ke sini, kesan pertama yang akan kita bisa yakni; segar. Kombinasi panorama dan suasana alam yang menawan, bukit yang masih natural, pantai putih, dan laut bakal bikin suasana hati seketika fresh, sirna seluruh penat. Pantai ini dapat dikatakan salah satu daerah tamasya di Banten yang unggulan. Orang bilang, estetika pantainya tak keok dengan tempat lain yang telah populer seperti pantai di Bali, pangandaran, gunung kidul, dan sebagainya. Malah beberapa bilang lebih menawan.

Lokasi Pantai Sawarna
Pantai Sawarna berada di kawasan desa Sawarna, kec. Bayah, Kabupaten lebak, Banten. Dari Jakarta, jaraknya kurang lebih 280 KM.

Cukup jauh ya, dan sepertinya kurang sesuai untuk pulang hari sebab waktu perjalanannya minimal 5-6 jam dari Jakarta.

Menghadap ke samudera hindia, pantai ini mempunyai ciri khas pantai selatan ; ombak besar dengan arus yang kuat. Itu sebabnya kita wajib berhati-hati dikala bermain air disini.

Perlu diingat jikalau disini kita bakal jarang lihat ATM, jadi pastikan anda bawa uang tunai yang cukup ya.

Rute Pantai Sawarna
Ada sebagian opsi rute ke pantai sawarna yang dapat diterapkan.

Rute Pelabuhan Ratu. Arahkan kendaraan ke Pelabuhan ratu lebih-lebih dahulu, baru menuju ke Sawarna. Jarak antara pelabuhan ratu dengan Sawarna kurang lebih 60 KM.
Rute Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna.
Rute Serang – Rangkasbitung – Gunung kencana – malingping – Bayah – Sawarna.
Karcis Masuk Pantai Sawarna
Harga karcis masuk pantai sawarna cukup murah, cuma Rp 5000 saja. Namun ini belum termasuk parkir kendaraan ya.

Seperti lazim perlu di ingat, harga karcis masuk maupun slot gacor gampang menang parkir dapat berubah sewaktu-waktu. Lebih-lebih di dikala libur panjang, harga karcis dapat naik.

Peta Pantai Sawarna
Berikut ini peta pantai sawarna diambil dari google map

Daerah Tamasya Di Sawarna
Sebenarnya, nama Sawarna sendiri yakni nama desa. Di desa ini terdapat sebagian tamasya pantai yang secara awam pelancong bilang pantai sawarna.

Sebagian pantai yang ada di sini antara lain;

Pantai Ciantir
Pantai Ciantir lokasinya tak jauh dari desa Sawarna, cuma perlu berjalan kaki sebagian menit saja.

Ciri khasnya yakni hamparan pasir putih yang luas. Pantai ini di kalangan pelancong diketahui juga dengan nama pantai pasir putih.

Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga kurang disarankan buat berenang. Sebab ombaknya yang besar pula banyak pengunjung yang surfing/browsing di pantai ini.

Pantai Tanjung Layar
Pantai Tanjung Layar Sawarna diketahui dengan keunikan bentukan karangnya. Cocok dengan namanya, di pantai ini terdapat bentukan karang yang membumbung dan sepintas menonjol seperti layar kapal.

Kita dapat berjalan menuju ke batu berbentuk layar hal yang demikian dikala air sedang surut. Namun pas wajib berhati-hati; berjalan di batu karang yang licin cukup susah jikalau ngga terbiasa.

Pantai Legon Pari
Pantai Legon Pari Sawarna berlokasi kurang lebih 2 KM dari pantai ciantir. Untuk menuju kesini dari desa sawarna kita dapat menerapkan jasa ojek yang banyak tersedia.

Terbentang sepanjang kurang lebih 4 KM, pantai ini berbentuk lengkungan yang menawan banget. Pantainya juga cukup lebar dan luas, sehingga ideal banget buat bermain pasir disini.

Pantai ini umumnya tak seramai pantai ciantir/pantai pasir putih, namun keindahannya tak keok lho.

Pantai Karang Taraje
Pantai lainnya yang dapat kita kunjungi yakni pantai Karang Taraje. Berbeda dengan pantai lainnya, disini kita tak akan menemukan rentangan pasir pantai. Pantai disini didominasi batu karang dibeberapa daerah.

Disini terdapat undakan batu karang yang mirip tangga, atau taraje dalam bahasa sunda. Obyek menarik disini yakni landscapenya yang unik. Kecuali itu juga, pelancong umumnya menunggu dikala ombat datang lewat susunan batu karang dan turun seolah-olah menyusun air terjun di laut.

Sayangnya keadaan ini tak dapat dirasakan tiap-tiap waktu. Umumnya cuma dapat dirasakan dikala pasang naik, atau di pertengahan bulan saja dikala gravitasi bulan lebih besar.

Goa Lalay
Goa Lalay menawarkan pengalaman yang beda dengan daerah tamasya lain di sekitar Sawarna. Disini kita dapat menelusuri goa, merasakan bentukan stalakmit dan stalaktit, dan sausana khas goa yang unik.